Daftar Klub Paling Merugi Musim 2020-2021

Pandemi Covid-19 yang menimpa dunia memang berdampak sangat fatal pada sederet klub besar di Benua Biru. Barcelona, Juventus, dan bahkan Manchester United sampai harus merugi sangat besar yang nilainya mencapai ratusan juta euro. review agen slot

Krisis akibat pandemi yang menyerang sejumlah negara Eropa dimulai sejak Februari tahun 2020 kemarin. Kondisi tersebut memaksa banyak negara untuk menghentikan aktivitas yang menimbulkan kerumunan.

Sepakbola adalah salah satu industri yang terkena dampak paling fatal lantaran selalu mengundang kerumunan di sebuah tempat yakni stadion. Hasilnya berbagai ajang sepakbola terpaksa ditunda selama beberapa waktu.

Fakta tersebut sudah pasti merugikan banyak pihak, salah satunya klub. Pihak klub wajib membayar gaji para pemain beserta stafnya, sedangkan pemasukan yang sebagian besar berasal dari tiket terhenti total.

Efek pandemi sendiri masih terasa hingga detik ini. Tahap demi tahap terus dilakukan supaya roda industri sepak bola bisa berjalan meski belum mampu seperti era dulu. Masa perjuangan para klub Eropa masih berjalan.

Banyak klub telah ancang-ancang di jendela transfer musim panas sambil berjuang dalam meningkatkan kualitas skuat. Walau telah dilakukan upaya keras nyatanya kerugian besar masih tidak bisa dihindari.

Seseorang bernama Marco Iraia yang berprofesi sebagai Pakar finansial membocorkan nilai-nilai kerugian yang didapat klub besar Eropa sepanjang musim 2020/21 lalu. Apabila diurutkan dari yang paling besar, maka Barcelona berada di urutan pertama setelah merugi sebesar 481 juta euro.

Lalu di urutan kedua terdapat klub dengan strategi transfer cukup kreatif dalam mendatangkan pemain sambil menekan pengeluarannya yaitu Juventus. Walau tingkat kerugiannya tidak sebesar Barca, akan tetapi nilai kerugian klub top Italia itu masuk dala kategori merah yakni 210 juta euro.

Manchester United menempati urutan tiga sebagai klub dengan tingkat kerugian terbesar mencapai 104 juta euro. Setelah itu diikuti Borussia Dortmund yang mengalami kerugian sampai 73 juta euro.

Real Madrid terbilang menarik pada aspek satu ini. Raksasa ibukota spanyol ini tetap tercatat sukses meraih untung walau nilainya masih jauh dari memuaskan yakni satu juta euro.

Jika kita lihat upaya Los Blancos memang sangat tepat. Mereka baru membelanjakan uang untuk merekrut muka baru pada jendela transfer musim panas 2021/22 kemarin yaitu Eduoardo Camavinga. Sebab musim lalu mereka sama sekali tidak beraktivitas di bursa transfer.

Masih ada beberapa tim yang belum mengumumkan total kerugiannya, seperti PSG, Manchester City, AS Roma dan Inter Milan. Nama terakhir diyakini memiliki potensi besar untuk menyalip Barcelona karena, menurut La Reppublica, mereka terus mencatatkan kerugian sebesar 12 juta euro per bulan.

Tinggalkan Balasan

*
*

Required fields are marked *